Komponen-Komponen Yang Ada Pada Motor Starter

Motor Starter dengan Komponen di dalamnya

Roda Dua – Saat ini dengan berkembangnya teknologi, telah banyak orang yang memiliki Motor Stater. Tentunya kepemilikan kendaraan bermotor sangat penting untuk di miliki oleh setiap orang. Karena saat ini banyak sekali orang yang sudah enggan untuk berjalan kaki saat ingin keluar rumah. Baik dengan jarak tempuh yang dekat maupun jarak tempuh yang juah banyak sekali pemilik motor yang menggunakan motornya untuk bepergian. Tentunya hal tersebut di lakukan selain karena tidak ingin capek juga bisa mempersingkat waktu perjalanan.

Saat ini Motor Starter masih banyak di minati oleh banyak pengguna motor karena keiritannya dalam penggunaan bahan bakar tentunya. Selain itu juga motor starter pada umumnya mampu menahan berat beban yang lebih di bandingkan dengan motor matic. Hal ini di karenakan motor stater memiliki komponen-komponen yang sangat kuat di dalamnya. Dimana komponen-komponen tersebut saling berkaitan satu dengan yang lain dan tentunya saling mempengaruhi kinerja dari setiap komponen. Dengan begitu maka pada umumnya kinerja motor stater bisa lebih maksimal di bandingkan dengan motor matic.

Kenali Fungsi Motor dari Komponen Motor Starter

Sebelum Anda beranjak pada fungsi dari Motor Starter itu sendiri maka tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai komponen yang ada di dalamnya. Karena pada dasarnya setiap komponen yang terpasang di dalam Motor Matic Injeksi akan memiliki fungsinya masing-masing. Dan tentunya jika salah satu komponen itu tidak ada ataupun rusak dan lain sebagainya maka akan berpengaruh pada komponen lainnya. Untuk itu Anda harus paham betul mengenai komponen yang ada pada motor starter Anda. Sehingga nantinya Anda bisa melakukan perawatan yang maksimal terhadap motor starter yang Anda miliki.

Tentunya yang membedakan antara Motor Starter dengan motor matic adalah pada cara penggunaannya dari masing-masing motor tersebut. Jika pada motor matic Anda Anda hanya perlu mengendalikan motor matic Anda maka berbeda halnya dengan motor starter. Pada motor starter Anda harus menurunkan atau menaikkan kopling yang ada pada motor stater Anda. Sehingga motor stater Anda bisa bergerak sesuai dengan kecepatan yang Anda inginkan. Dan Anda tentunya dapat mengontrol motor Anda pada keadaan-keadaan yang tertentu.

Beberapa Komponen Yang Ada Pada Motor Stater

Ya, kopling merupakan salah satu komponen yang di miliki oleh Motor Starter dimana kopling berfungsi sebagai pengontrol. Yang di maksud dengan pengontrol adalah bahwa pada situasi-situasi tertentu Anda bisa mengontrol kecepatan Anda dengan mengendalikan kopling. Pada dasarnya penggunaan kopling akan mempengaruhi mesin motor starter Anda. Contoh kecilnya adalah pada saat Anda melewati tanjakan dan tidak menurunkan kopling Anda maka akan berpengaruh pada mesin motor. Karena mesin motor akan bekerja sesuai dengan tingkat kopling yang Anda gunakan dan saat Anda tidak menurunkannya maka beban mesin akan besar.

Selain kopling terdapat komponen lain yang terdapat pada motor starter, salah satunya adalah komponen penghasil gaya putar pada motor. Pada umumnya terdapat dua komponen utama yang menghasilkan daya gerak pada motor. Salah satunya adalah komponen yoke dan pole core yang berfungsi sebagai penopang field coil pada motor starter. Pada komponen ini yoke akan berfungsi sebagai tempat untuk mengikat sebuah pole core. Sehingga pole core bisa tetap dalam kondisi yang seharusnya dan menjalankan fungsinya sebagai penopang field coil.

Ya, field coil merupakan komponen kedua dari energi penggerak sebuah Motor Starter yang Anda miliki. Tentunya field coil ini sangat berperan penting bagi pergerakan sebuah motor starter. Hal ini di karenakan field coil di gunakan sebagai penggerak medan magnet yang cukup kuat sehingga motor starter bisa bergerak. Saat terdapat bahan bakar yang memadai di dalam sebuah motor stater maka tentunya field coil akan berfungsi secara sempurna. Dan aliran arus listrik yang muncul kemudian akan menghasilkan medan magnet pada motor starter Anda.

Ketahui Kompenen lain di dalam Motor Starter

Selain komponen penggerak juga terdapat komponen lain di dalam Motor Starter yang Anda miliki, yaitu armature. Komponen ini terdiri dari beberapa komponen armature yang saling berkaitan dan saling terhubung satu dengan yang lain. Dan tentunya semua komponen di dalam armature ini harus ada dan tidak boleh ada yang rusak atau sebagainya. Karena apabila ada satu komponen saja yang hilang maka akan mempengaruhi komponen yang lain di dalam armature. Sehingga kinerja dari motor stater Anda tidak akan bisa berfungsi secara maksimal dan kemungkinan besar akan mengalami masalah nantinya.

Selain itu juga terdapat komponen lain yang tidak kalah penting yaitu sikat (brush) yang tentunya sangat memiliki peran pada motor stater Anda. Tentunya sikat yang di maksud disini adalah dua sikat positif dan dua sikat negatif yang sama-sama memiliki fungsi penting. Dan jika pada suatu waktu sikat itu tipis dan tidak dapat menekan sebuah comutator maka tentunya Motor Stater Anda tidak akan bisa melakukan pergerakan yang semestinya.

Tinggalkan Balasan