Tips Perawatan Sepeda Motor Anda Agar Tetap Nyaman

Rutin dalam Perawatan Sepeda Motor

LDSmx – Perawatan Sepeda Motor yang tepat dari mesin sepeda motor adalah kunci untuk kehidupan sepeda motor. Merekam semua rekomendasi pemeliharaan pabrik akan membuat Anda tidak dapat menebak kapan pekerjaan dilakukan pada sepeda motor Anda dan apa yang telah dilakukan.

Mengikuti jadwal perawatan sepeda motor Anda akan memastikan bahwa perangkat tetap mekanis dan meningkatkan kinerja. Berikut ini tips yang akan membantu menjaga sepeda motor Anda dalam kondisi berjalan baik.

Oli mesin sepeda motor

Mengganti oli mesin setiap 6 bulan atau 3.000 mil. Fungsi utama oli untuk mesin sepeda motor adalah bertindak sebagai pelumas di salam mesin Anda. Minyak juga membantu mengurangi kebisingan mesin, menjaga bagian lain dari mesin Anda dingin dan menyegel piston. Minyak harus memiliki konsistensi yang baik sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Minyak tidak dapat begitu tebal sehingga tidak dapat masuk dengan benar antara bagian-bagian mesin yang bergerak secara ketat untuk pelumasan. Pada saat yang sama, minyak tidak dapat begitu tipis sehingga tidak dapat memisahkan bagian-bagiannya. Jenis oli mesin yang Anda gunakan pada sepeda motor Anda sama pentingnya dengan frekuensi yang Anda ubah.

Bahan Bakar Sepeda Motor

Untuk jenis bahan bakar yang Anda isi ke sepeda motor Anda sangat penting untuk mengetahui cara kerjanya. Karena malfungsi mesin tertentu, terkadang Anda perlu menggunakan bahan bakar kelas yang lebih tinggi. Perlu diingat bahwa menggunakan bahan bakar kelas yang lebih tinggi untuk meningkatkan kinerja tidak sebanding dengan usaha. Performa dan umur panjang tidak meningkat karena peningkatan oktan. Gunakan hanya tingkat bahan bakar yang direkomendasikan pabrikan.

Cairan Sepeda Motor

Mengubah cairan sepeda motor Anda dengan panduan pabrik sangat penting, terutama ketika sepeda motor Anda masih dalam garansi. Menggunakan cairan yang salah, seperti minyak mobil, minyak yang tidak direkomendasikan untuk jenis sepeda motor Anda, dapat membatalkan garansi Anda. Penggantian cairan produsen dapat dibeli dari dealer lokal Anda.

Adakah Cara Perawatan Sepeda Motor Lainnya yang Bisa Dicoba?

Rantai Sepeda Motor

Periksa secara visual rantai Anda dua kali sebulan atau setiap 500-700 mil jika Anda bukan pengemudi yang sering. Fungsi rantai Anda adalah mentransfer daya dari mesin ke roda belakang. Rantai harus dibersihkan dan disesuaikan tergantung pada perjalanan Anda untuk menjaga operasi yang aman. Rantai yang rusak dapat Sepeda Motor Bekas menyebabkan kerusakan serius pada sepeda motor Anda dan bahkan melukai Anda sebagai sopir.

Motor busi

Untuk fungsi busi sendiri ini sangat penting untuk kinerja keseluruhan sepeda motor Anda. Penting bahwa sebelum Anda melepas busi, gunakan sekaleng udara terkompresi untuk melubangi lubang di mana steker berada. Ini akan menghilangkan kotoran dan kotoran dari lubang sehingga tidak ada yang jatuh ke dalam mesin saat steker dihilangkan.

Filter Udara Sepeda Motor

Jika filter udara pada sepeda motor Anda terhalang dari kotoran dan debu, sepeda motor Anda tidak akan bisa bernafas dengan baik. Ini akan menyebabkan hilangnya daya dan kinerja di bawah standar dari sepeda motor Anda. Secara fisik lepaskan filter udara dan periksa penyumbatan. Jika filter rusak parah, ganti filter sesegera mungkin untuk mencegah masalah perawatan lainnya.

Memasang Kembali Kabel

Jika mesin selalu memiliki celana pendek, periksa sambungan kabel untuk melihat apakah sudah terpasang dengan aman. Periksa tali pengikat tanah juga untuk melihat apakah koneksi aman. Jika mesin masih pendek, kabel mungkin perlu diuji. Gunakan ohmmeter untuk memeriksa kontinuitas. Jika kawat rusak, gantilah dengan yang baru. Kabel biasanya mengalami kerusakan lembur jadi pastikan untuk menggantinya sesegera mungkin untuk memastikan bahwa mereka tidak menimbulkan masalah pada landasan mesin.

Mempertahankan bantalan rem sepeda motor

Mempertahankan bantalan rem sepeda motor Anda adalah akhir dari sepeda motor kami berikutnya dan itu sangat penting karena Anda dapat bergantung pada fungsi yang tepat. Ketika bantalan rem lebih baik dari 2 mm, kanan berputar.

Para ahli merekomendasikan bahwa bantalan menjadi substansial setiap 10.000 atau 15.000 km (6.000 atau 9.000 mil) tergantung di mana Anda tinggal dan berapa banyak Anda mengemudi. Jika Anda tinggal di kota dengan banyak bukit, Anda harus memeriksa bantalan rem lebih sering. Istirahatkan sepeda motor Anda pada kemiringan yang mungkin untuk sepeda Anda dan orang lain jika bantalan rem Anda tidak dalam kondisi baik.

Pemantauan ban

Pemantauan ban adalah bagian dari perawatan dasar untuk sepeda motor. Dianjurkan untuk memeriksa dan mencari batasan sebelum memulai perjalanan, memastikan bahwa mereka tidak memiliki retakan, lubang, atau angin yang dapat merusak Anda. Cuaca dan kondisi tanah dapat mempengaruhi larangan, dan Anda harus mencari kerusakan tetapi juga membusuk. Setelah ban aus, jangan terlalu lama untuk melihatnya.

Jika ban terlalu panas, ada yang kurang dengan jalan dan karena itu kurang pegangan. Jika mereka tidak memiliki cukup udara, dinding ban akan kurang stabil ke titik pengereman dan dapat berubah menjadi rumit. Ujung dari Perawatan Sepeda Motor ini adalah menerapkan larangan reguler dengan alat pengukur tekanan, tetapi itu hanya membuat mereka keren. Jika mereka memanas selama perjalanan, maka mereka akan membaca secara berbeda.

Tinggalkan Balasan